Home » » 12 Masjid dengan Arsitektur yang Unik

12 Masjid dengan Arsitektur yang Unik

Catatan RinganMasjid adalah tempat ibadahnya umat Islam, juga berfungsi sebagai tempat pendidikan dan bersosialisasinya kaum muslimin.  Masjid juga merupakan bangunan bersejarah dan bangunan seni dengan arsitektur yang memukau, 12 buah diantaranya adalah:
  1. Masjid Nando di Mali Afrika Barat.  Tidak ada kubah dan marmer seperti masjid lainnya, seluruh bangunan terbuat dari lapisan lumpur dari dinding sampai lantainya semua terbuat dari lumpur.
  2. Masjid Larabanga, adalah masjid tertua di Ghana, masjid ini juga terbuat dari ranting kayu dengan lapisan lumpur.  Masjid ini dibangun kaum Moor pada abad 13 Masehi, masjid ini pada tahun 2001 dinobatkan sebagai situs warisan dunia.
  3. Masjid Raya Djenne di kota Djenne Mali.  Ini adalah masjid terbesar dengan arsitektur dari bahan lumpur.  Pada tahun 1988 masjid ini ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.
  4. Masjid Agung Samarra di kota Samarra Irak.  Dibangun pada abad 9 Masehi oleh Khalifah Abbasiyah Al-Mutawakkil.  Masjid ini dibangun menggunakan bahan baru bata dengan menara setinggi 55 meter berbentuk seperti kue tart.
  5. Masjid Bidya di kota Bidya Uni Emirat Arab (UEA).  Masjid yang terbuat dari bahan lumpur ini adalah masjid pertama dan tertua di UEA berusia sekoitar 400 tahun.
  6. Masjid Raya Agadez di daerah Air Massif Nigeria.  Bangunan masjid terbuat dari potongan ranting dan lumpur ini dibangun pada awal abad 16 Masehi dengan menara setinggi 30 meter.
  7. Masjid Sankore di kota Timbuktu Mali Afrika.  Masjid ini dibangun pada abad 15 Masehi pada akhir masa kejayaan Kerajaan Mali.  Masjid ini bersama dengan dua masjid lainnya yaitu Masjid Sida Yahya dan Masjid Djinguereber merupakan pusat pembelajaran kuno kaum mmuslimin di Timbuktu.
  8. Masjid Safina di Bakra Peri Karachi Pakistan juga dikenal dengan sebutan Masjid Boat Shapped karena bentuknya yang sangat mirip dengan kapal laut, walaupun tidak diketahui dengan pasti kapan dan oleh siapa masjid ini dibuat, masjid ini sangat indah terutama pada malam hari karena dihiasi dengan lampu yang berwarna-warni.
  9. Masjid Shait Gambuj di Bagerhat Bangladesh Selatan ini dikenal dengan sebutan Masjid 60 Kubah, masjid ini merupakan masjid bersejarah terbesar di Bangladesh dan dibangun oleh Khan Jahan Ali pada abad 15 Masehi.
  10. Masjid Emin di Xianjiang China, didirikan pada tahun 1779 pada masa Dinasti Qing pimpinan Raja Sulaiman.  Masjid ini dibangun untuk menghormati ayah Raja Sulaiman, Raja Uighur, Amin Khoja. Bangunan masjid ini terbuat dari bata dan lumpur dengan arsitek bergaya Uzbekistan, Persia dan Asia Tengah.
  11. Masjid Agung Bobo Dioulosso di kota Bobo Diulosso Burkina Faso.  Masjid ini dibangun dengan bahan lumpur khas Afrika dengan arsitektur Banco Sudaness.
  12. Masjid Djinguereber di Timbuktu Mali, Afrika Barat.  Masjid ini dibuat dari batu kapur, jerami, kayu, tanah liat dan lumpur dibangun oleh Sultan KankanMoussa pada tahun 1327 Masehi.    Masjid ini tercatat dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1988.
masjid tertua di Kalimantan Selatan
 Masjid Sultan Suriansyah Kuin Banjarmasin

0 komentar:

Post a Comment