Home » » Jangan Tidur Sesudah Makan Sahur

Jangan Tidur Sesudah Makan Sahur

Puasa, sebuah ibadah yang memerlukan kesiapan fisik dan mental, dimana kita harus menahan lapar dan haus serta menahan nafsu lainnya di saat hari-hari biasanya kita bebas melakukan semuanya.  Kenapa kita mau berpuasa?  Banyak alasannya, karena perintah Allah, karena keperluan manusia untuk sehat, dan lain-lain.  Puasa itu menyehatkan, itu sudah dipahami banyak orang dari sisi kedokteran dan kesehatan.  Ternyata untuk sehat tersebut kita pun harus memperhatikan hal lainnya yang berhubungan dengan puasa tersebut, misalnya sahur.

Ngantuk sesudah makan, itu biasa kita rasakan, apalagi sesudah makan sahur, dimana jam tidur malam kita sudah tersita untuk mempersiapkan makan sahur di bulan Ramadhan. Ternyata tidur sesaat sesudah makan sahur banyak mudharatnya, makanya Rasulullah mencontohkannya dengan tadarus Al-Qur'an agar menghindari tidur sesudah makan.

Ketika tidur semua organ dalam tubuh akan melambat metabolismenya, seperti usus dan lambung akan lambat dalam mencerna makanan, makanan tidak tercerna dengan sempurna, sehingga akan diproses oleh bakteri anaerob di lambung dan usus, mereka menjadi menjadi dominan. Hasil metabolisme bakteri ini bersifat asam karena menghasilkan zat asam nitrit yang bersifat asam kuat dan sangat beracun serta akan meningkatkan derajat keasaman tubuh.  Derajat keasaman tubuh yang meningkat drastis akan membebani sistem metabolisme tubuh.  Akibat selanjutnya hati (liver) akan bekerja keras melawan racun, sel darah putih akan gencar diproduksi untuk melawan bakteri jahat tadi. Tubuh akan bekerja keras hanya untuk menghilangkan racun.  Selanjutnya terjadi penumpukan gas racun amonia dalam tubuh akibat makanan yang tidak tercerna menjadi busuk dalam usus dan lambung.  Lebih jauh lagi jika pH (serajat keasaman) tubuh lebih rendah dari 4 maka sel kanker akan mulai tumbuh, sel kanker juga akan tumbuh pesat pada sel tubuh dengan kondisi anaerob (kurang oksigen).

Catatan RinganHindarilah tidur sesudah makan, lebih baik tadarus Al-Qur'an sesudah sahur dan sesudah subuh, atau lakukan kegiatan positif lain seperti membaca agar puasa menjadikan kita benar-benar sehat lahir dan bathin.

hindari tidur sesudah makan sahur

0 komentar:

Post a Comment