Home » » Kamus Ilmiah

Kamus Ilmiah

Catatan Ringan.   Beberapa istilah yang banyak dipergunakan dalam tulisan ilmiah sering membuat kita kurang paham, berikut kamus ilmiah yang bisa dihimpun dari berbagai sumber.

Aksi = kekuatan gerak suatu benda.
Arteri = pembuluh darah yang mengalirkan darah dari jantung ke bagian organ tubuh lainnya melalui nadi.  Dinding nadi dapat mengembang dan mengempis serta berkontraksi.
Atmosfer = udara yang menyelimuti bumi dengan ketinggian sekitar 1.000 km dan berperan untuk menjaga bumi dari benda-benda angkasa.  menurut ketinggiannya atmosfer terdiri dari troposfer, stratosfer, mesosfer dan termosfer.
Atom = satuan terkecil dari benda/materi.  Atom memiliki ukuran 1 : 10.000.000 milimeter, satu atom terdiri dari beberapa elektron.
Bidang miring = alat sederhana untuk meringankan energi saat mengangkat beban ke atas.
Daya angkat = daya yang terdapat pada sebuah objek yang naik ke atas secara vertikal.  Salah satu pemanfaatan daya angkat adalah pada sayap pesawat terbang sehingga pesawat terbang bisa naik ke atas.
DNA = deoxyribonucleic acid, kumpulan informasi dalam sebuah keturunan dari orang tua ke anaknya dalam sel-sel dan molekul di dalam tubuh.
Elastisitas = kemampuan sebuah benda untuk kembali ke bentuk semula setelah dipengaruhi suatu gaya.
Elektron = partikel penyusun atom yang bermuatan negatif.
Energi = tenaga, kekuatan, kemampuan untuk melakukan usah.  Bentuk energi antara lain energi gerak, energi potensial, energi bunyi, energi listrik.  Beberapa energi tersebut mengalami bentuk.
Evolusi = proses pergantian massa dan bentuk dari suatu makhluk hidup yang berjalan lambat dan memerlukan waktu ratusan tahun.
Fotosintesis = proses dalam tanaman (terutama daun) yang menghasilkan glukosa (gula) dan oksigen dengan menggunakan sinar matahari, karbon dioksida serta air.  Proses tersebut selain menghasilkan glukosa, juga oksegen yang digunakan makhluk hidup lain untuk bernapas.
Friksi = Benda padat yang bergesekan dengan benda lainnya dan menimbulkan suatu gaya yang arahnya berlawanan dengan gerak benda tersebut.
Garis gaya magnet = garis khayal di sekitar kekuatan magnet yang mengalir dari kutub utara magnet ke kutub selatan magnet.  Garis gaya magnet tersebut berasal dari medan magnet.
Garis lateral = garis tipis di bagian samping tubuh ikan sehingga membantu ikan yang digunakan untuk merasakan arus dan kedalam air sehingga membantu ikan untuk mencari ara.
Gaya sentrifugal = gaya yang timbul dari gerakan melingkar dari suatu benda, gaya tersebut arahnya menjauhi dari titik pusat lingkaran gerak.
Gelombang = getaran yang terjadi di udara atau partikel.  Seiring dengan jalannya waktu, getaran tersebut menyebar dan meluas.
Gelombang suara = gelombang yang dipancarkan melaui udara dan sekitarnya.  Gelombang suara yang dapat ditangkap pendengaran manusia berkisar pada frekuensi 20 - 20.000 Hz.
Gravitasi (bumi) = gaya tarik (bumi) terhadap suatu benda, gaya berat benda.
Iklim = cuaca rata-rata pada suatu tempat dalam jangka waktu tertentu.
Inti atom = partikel yang berada dalam pusat atom, terdiri dari proton (+) dan neutron (netral) yang memiliki kekuatan yang besar.
Isolator = benda yang tidak dapat menghantarkan arus listrik seperti karet, kaca dan kertas.
Kantong udara = salah satu organ tubuh yang terdapat dalam perut ikan yang mempunyai fungsi penting, yaitu untuk membantu ikan mengambang.
Katrol = roda untuk melancarkan pergerakan tali, digunakan untuk memudahkan mengangkat beban yang berat.
Kecepatan = satuan jarak per satuan waktu.
Kelembaman = kecenderungan suatu benda untuk mempertahankan keadaannya seperti dalam keadaan diam atau dalam keadaan bergerak.
Kelembaban = jumlah massa uap air yang ada dalam suatu satuan volume udara.
Klorofil = zat warna hijau yang terkandung dalam daun.  Klorofil bersama dengan sinar matahari, karbon dioksida dan air melakukan proses fotosintesis untuk menghasilkan zat makan dalam tanaman.
Konduktor = Benda-benda yang dapat menghantarkan arus listrik dengan baik karena memiliki jumlah elektron yang banyak, contohnya besi, perak dan tembaga.
Konsentrasi larutan = tingkat kepekatan/keenceran dari campuan beberapa zat.
Konveksi = peristiwa perpindahan panas dari cairan atau gas saat terjadi proses berpendarnya moleku-molekul dari zat tersebut secara berkelompok.
Kornea mata = selaput bening pada mata yang pertama kali  menangkap sinar yang datang.
Lapisan ozone = lapisan terluar dari atmosfer yang menutupi bumi pada ketinggian 10 - 50 km, ozone menyerap sekitar 90% sinar ultra violet yang dipancarkan matahari.
Ligamen = tulang lunak tapi elastis yang mengelilingi persendian dan berfungsi sebagai penghubung satu tulang dengan tulang lainnya.
Listrik statis = listrik yang diam di suatu tempat tanpa bergerak, biasanya terjadi saat ada gesekan atau kelebihan elektron.
Magnet = benda yang dipengaruhi arus listrik dan memiliki dua buah kutub.  Dua kutub yang berbeda akan saling menarik, sedangkan dua kutub yang sama akan saling menolak. 

Massa jenis = massa (berat) per satuan volume benda padat, cair atau gas.
Medan magnet = daerah yang masih dipengaruhi oleh gaya magnet.
Metamorfosis = proses perubahan perkembangan pada hewan, mulai dari telur yang kemudian menetas dan mengalami fase-fase selanjutnya sampai bentuk dewasa hewan tersebut.
Mimikri = proses perubahan warna kulit pada hewan untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya demi melindungi diri dari predatornya.
Molekul = bagian terkecil dari suatu zat yang masih memiliki sifat dari zat tersebut. Molekul terdiri dari beberapa atom yang membentuk satu kesatuan.
Organ = bagian tubuh dari makhluk hidup yang memiliki fungsi khusus, antara lain jantung, paru-paru, otak dan usus besar.
Osmosis = proses meleburnya dua macam zat cair yang memiliki kepekatan yang berbeda, sampai keduanya menjadi sama kepekatannya.
Pasang = kondisi yang menentukan naik-turunnya permukaan air laut berdasarkan posisi matahari dan bulan.
Pemantulan = proses memantulnya cahaya pada sebuah permukaan benda, cahaya akan membias apabila permukaan benda tersebut tidak rata.
Pembiasan = fenomena saat sinar mengenai suatu benda dan sinar tersebut berubah arah.
Pembuahan = proses reproduksi setelah penyerbukan pada tanaman, pada manusia disebut ovulasi yaitu bertemunya sel telur dengan sperma.

Pembuluh darah kapiler = pembuluh darah tipis yang berfungsi untuk mengantarkan oksigen dan zat makanan ke seluruh tubuh.
Pendar cahaya = cahaya yang berasal dari makhlik hidaup, biasanya dari ikan-ikan di laut dalam yang dapat dilihat dengan mata telanjang.
Penyerbukan = proses reproduksi pada tumbuhan saat benang sari (jantan) jatuh ke kepala putik sari (betina), setelah penyerbukan ini terjadilah pembuahan.
Pigmen = zat warna pada tumbuhan dan hewan serta pada kulit manusia.
Prisma = alat untuk memisahkan sinar tampak menjadi beberapa warna (pelangi), biasanya terbuat dari kaca.
Radiasi = perpindahan energi panas tanpa memerlukan media.
Reaksi = hasil yang terjadi akibat dari adanya aksi sebuah benda, arah reaksi berlawanan dengan arah aksi.
Reaksi nuklir = proses bertumbuknya inti atom dengan partikel lain atau dengan inti atom lainnya, proses ini akan menghasilkan elemen baru, melepaskan radiasi serta panas.
Resistensi = Gerakan atau kekuatan objek untuk mengalihkan aliran arus.

Syaraf = bagian tubuh yang mendeteksi segala tindakan atau perubahan yang ada, menyusun kembali informasi, mengalirkannya melalui sinyal, dan memancarkan kembali.
Syaraf optik = syaraf yang meneruskan cahaya yang masuk dari retina mata menuju otak. Ada sekitar 60.000 - 80.000 syaraf yang menerima cahaya tersebut.
Sel = unit pembentuk komposisi dasar makhluk hidup.
Sel darah merah (hemoglobin) = kumpulan darah merah yang dibnuat di dalam tulang dan berperan penting untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh.  Warna darah terlihat merah karena warna hemoglobin.
Sel darah putih = komponen dari sel darah yang memiliki fungsi khusus, yaitu membuat antibodi saat tubuh terkena infeksi.
Sinar infra merah = sinar yang memiliki panjang gelombang yang lebih panjang dari sinar tampak.  Banyak digunakan untuk sensor pintu otomatis, fotografidan berbagai alat kesehatan.
Sinar ultra violet (aktinik) = sinar yang memiliki panjang gelombang yang lebih pendek dari sinar tampak.  Banyak digunakan untuk sterilisasi dan disinfektan.
Sinar X = gelombang elektromagnet yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang dan banyak digunakan untuk pemeriksaan kesehatan dan penelitian.
Spektrum (sinar tampak) = gelombang elektromagnetik yang dapat ditangkap oleh mata dengan panjang gelombang menyerupai warna-warna pelangi, seperti merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.  Spektrum bisa juga berarti rentetan warna yang berpencar bila cahaya diuraikan ke dalam komponennya melalui pembiasan.
Stratosfer = salah satu lapisan atmosfer bumi yang terletak sekitar lebih dari 10 km dari permukaan bumi.
Tekanan = kekuatan vertikal pada permukaan zat cair dan gas.
Tekanan atmosfer = tekanan udara yang menekan permukaan bumi, yang dipengaruhi oleh besarnya gravitasi.
Titik tumbuh = pertumbuhan sel-sel yang membelah dan berkembang pada ujung akar tanaman dan ujung batang pohon.
Transformator (trafo) = alat untuk mengubah tegangan atau arus listrik bolak balik.
Trombosit = salah satu komponen penting dari sel darah yang memiliki fungsi untuk membekukan darah serta menghentikan pendarahan pada luka.
Tulang rawan = tulang muda yang empuk dan mengelilingi daerah ujung siku, hidung, telinga serta struktur tulang lainnya yang fleksibel.
Vena = pembuluh darah balik yang mengantarkan darah menuju jantung.  Pembuluh ini terlihat berwarna biru atau ungu pada kulit.
Volt = satuan pengukuran tegangan dengan simbol V.  Pada jaman dahulu di rumah-rumah lebih banyak menggunakan listrik dengan tegangan 110 V, namun sekarang beralih menjadi 220 V.
Watt = ukuran satuan listrik yang dilambangkan dengan W.
Zat pelarut = zat cair yang dapat melarutkan zat lain dan membentuk larutan baru.
Zat terlarut = zat yang dapat larut dalam zat cair.

kamus ilmiah, istilah ilmiah populer

0 komentar:

Post a Comment