Home » » Berbagai Warna Api

Berbagai Warna Api

Catatan Ringan. Ada berapa macam warna api? Pernahkan kita perhatikan api yang menyala sebenarnya memiliki beberapa macam warna?  Warna api menunjukkan tingkatan suhunya, seperti urutan warna pelangi, warna api dengan suhu paling tinggi adalah biru dan suhu paling rendah adalahmerah.  

Saat kita menyalakan api lilin misalnya, mula-mula api menyala kecil, kemudian timbul pancaran warna merah, kuning, biru dan warna lainnya pada api.  Warna api pada lilin yang dekat dengan bagian sumbunya berwarna merah, di tengahnya api berwarna kuning dan bagian terluar api berwarna biru.  Pada api bagian terluar berwarna biru karena paling banyak mendapatkan oksigen untuk proses pembakaran sehingga suhunya paling tinggi, api pada bagian terdalam dekat sumbu mendapat oksigen paling sedikit sehingga suhunya paling rendah.

Warna api juga juga tergantung pada benda apa yang dibakarnya, kalau kita bakar kayu/pohon apai akan berwarna kuning.  Kalau gas yang terbakar, api akan berwarna biru. Api akan berwarna hijau kalau yang terbakar adalah plastik

warna api lilin

0 komentar:

Post a Comment