Home » » Manfaat Atmosfer

Manfaat Atmosfer

Catatan Ringan. Bagian bumi terdiri dari atmosfer, lithiosfer, hidrosfer dan biosfer.  Atmosfer adalah lapisan udara yang mengelilingi bumi hingga ketinggian lebih dari 500 km.   Lithosfer adalah lapisan batuan yang ada di dalam bumi.   Hidrosfer adalah lapisan air yang mengelilingi 75% permukaan bumi.  Biosfer adalah lapisan kehidupan flora dan fauna yang ada di permukaan bumi.Lalu apa manfaat dari atmosfer bagi kita?

Atmosfer berfungsi untuk menjaga dan melindungi bumi, antara lain mencegah meteorit menabrak bumi, menyediakan oksigen bagi makhluk hidup di bumi, menjaga suhu bumi tidak ekstrim perbedaannya antara siang dan malam, menyebabkan langit bumi nampak berwarna biru dan menampakkan sinar bintang pada malam hari.  

Atmosfer menurut ketinggiannya terbagi menjadi troposfer, straposfer, mesosfer dan termosfer.  Pada lapisan troposfer, terjadi aliran konveksi udara dimana udara hangat akan naik ke atas dan udara dingin akan turun ke bawah.  Pada lapisan straposfer suhu udara cenderung stabil, ini memudahkan dalam menerima sinar ultra violet dari matahari, lapisan ini juga dipakai untuk zona penerbangan pesawat terbang.  Pada lapisan mesosfer suhu udara sangat rendah sehingga tidak terjadi fenomena seperti di troposfer.  Pada lapisan termosfer terjadi perbedaan yang mencolok antara suhu siang hari dan malam hari serta disini terjadinya fenomena aurora

http://icukuk.blogspot.com/2015/01/manfaat-atmosfer.html

0 komentar:

Post a Comment