Home » » Berapa Banyak Jumlah Warna?

Berapa Banyak Jumlah Warna?

Catatan Ringan. Merah, kuning dan biru adalah tiga warna dasar, dari perpaduan ketiganya dapat menghasilkan warna pelangi (merah, jingga, kuning, hijau biru dan ungu) dan masih banyak lagi warna variasinya sampai-sampai tidak bisa diberi nama, hanya dengan kode seperti kode warna hexadesimal.

Berapa jumlah warna yang bisa dibedakan oleh mata manusia?  Mata kita bisa membedakan 250 jenis warna, walau sedikit apapun perbedaannya.  Warna yang beragam ini ditangkap oleh sel kerucut pada retina mata.  Sel kerucut tersebut ada tiga jenis yaitu sel kerucut merah, sel kerucut hijau dan sel kerucut biru.  Ketiga jenis warna itu saling menyatu dan membentuk beberapa warna baru. 

Di dunia ini, makhluk hidup yang bisa mengenal warna hanya manusia dan monyet.  Sapi dan anjing hanya bisa mengenali warna hitam dan putih.  Walau demikian manusia pun ada yang menderita penyakit buta warna, dimana seseorang penderita buta warna tersebut tidak bisa membedakan beberapa warna, sampai yang paling parah hanya bisa mengenali warna hitam dan putih saja.

http://icukuk.blogspot.com/2015/01/berapa-banyak-jumlah-warna.html

0 komentar:

Post a Comment