Home » » 7 Perilaku yang Merusak Lingkungan

7 Perilaku yang Merusak Lingkungan

Catatan Ringan. Banyak perilaku kita yang tidak kita sadari dapat merusak lingkungan hidup kita. Perilaku yang kita anggap sudah lumrah itu adalah:
  1. Buang sampah sembarangan.  Semua sudah tahu kalau buang sampah sembarangan akan menimbulkan banyak permasalahan seperti merusak keindahan, saluran air tersumbat, pendangkalan sungai, merusah habitat ikan, mengganggu sirkulasi udara dalam tanah (forus).  Buanglah sampah pada tempatnya dan pisahkan bahan yang bisa didaur ulang.
  2. Penggunaan kemasan plastik.  Plastik termasuk bahan yang sangat lambat hancur, sehingga penggunaan besar-besaran plastik akan menambah besar volume sampah yang tidak terdaur ulang secara alami.  Kurangi penggunaan plastik seperti kantongan kresek, pilih produk yang memasannya tidak menggunakan plastik.
  3. Menghidupkan TV tanpa ditonton, pergunakan listrik secara efisien.
  4. Menghidupkan AC di ruangan tanpa ada orangnya, pergunakan listrik secara efisien.
  5. Penggunaan tissu yang berlebihan.  Tissu terbuat dari kertas dan berasal dari kayu.  Penggunaan yang berlebihan mendorong meningkatnya produksi tissu dan meningkatkan penebangan pohon, sementara peremajaan dan penghijauan tidak bisa berjalan cepat.
  6. Lupa menutup kran dan airnya terbuang, pergunakan kran dengan penutup otomatis bila air sudah penuh di bak penampungan air.  Suatu saat harga air melebihi harga bahan bakar minyak.
  7. Mencetak (print) di kertas hanya satu sisi saja.  Sama seperti tissu, bahan baku kertas berasal dari pohon, pergunakan kertas seefisien mungkin untuk mengurangi penebangan pohon.
  8. Penggunaan mobil pribadi. Bila setiap 1 orang menggunakan mobil pribadi di jalan raya maka bukan hanya kemacetan saja yang menjadi masalahnya tetapi efisiensi penggunaan bahan bakar juga menjadi sangat rendah, pergunakan angkutan umum semaksimal mungkin.  Pemerintah harus lebih giat dalam memaksimalkan penyediaan angkutan umum yang nyaman bagi masyarakat.
Selamat hari lingkungan hidup, 5 Juni 2014.

3 komentar:

  1. Nice Artikel, sangat menginspirasi, Pas..bujur banar omai, menambahi sebuting lagi nah. kalo meisi bensin jangan sampai limpuar jar..hehe..titip omlah ..thanks

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas informasinya. Semoga sukses selalu.
    http://grosirsponmandi.klikspo.com/

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas informasinya. Semoga sukses selalu.
    http://grosirsponmandi.klikspo.com/

    ReplyDelete