Home » » Fotografi Murah

Fotografi Murah

tips memoto
Catatan Ringan. Dulu sejak masih sekolah dasar, saya memang suka seni rupa, menggambar dan melukis.  Kini sudah beberapa tahun ini saya mulai menyukai fotografi. Bagi saya banyak kesamaan diantara keduanya. Kata sebagian orang hobi fotografi termasuk hobi yang mahal, peralatannya berharga tinggi. Walau dengan modal pas-pasan saya teruskan aja niat menggeluti fotografi ini. Setelah beberapa lama mencoba belajar, ternyata hobi ini memang mahal kalau kita selalu menuruti keinginan untuk mendaparkan peralatan yang bagus. Sebenarnya hampir semua hobi memerlukan peralatan dari yang berkualitas baik (mahal) sampai yang berkualitas rendah (murah), sekarang tinggal kita aja yang harus bisa menyesuaikan keperluan dan kemampuan.
Kesimpulan yang saya dapatkan sejauh ini adalah bahwa hasil fotografi ditentukan paling tidak oleh 3 komponen, yaitu hardware, software dan brainware (kaya komputer juga ya?).
Hardware berupa kamera (handphone, pocket, prosumer atau DLSR), makin bagus peralatan biasanya harganya makin mahal pula.
Software berupa program pengolah gambar seperti Photoshop dan lain-lain yang tentu saja harus dibeli kalau kita gunakan yang asli, dengan program ini kita bisa memperbaiki foto yang kurang baik atau menambah efek-efek dramatis pada sebuah foto.
Brainware adalah keahlian pengguna kamera digital dan juga keahlian mengoperasikan program pengolah foto digital.
Dari kombinasi tiga komponen tersebut tentu saja hasil yang terbaik adalah dengan peralatan yang baik, program pengolah digital yang baik dan keahllian pengoperasian kamera yang baik serta teknik pengambilan gambar yang baik pula. Untuk menghasilkan foto yang bagus paling tidak kita harus memiliki faktor brainware yang tinggi, walaupun dengan peralatan kamera sederhana, bahkan kalau hasil foto cukup baik, kita bisa saja tanpa melakukan editing foto dengan software olah digital.
Sekarang saya berani katakan bahwa foto yang baik bisa dihasilkan tanpa penggunaan peralatan yang mahal, cukup yang sederhana asal kita mengerti pengaturan kamera dan teknik pengambilan foto, ditambah sedikit olah digital… jadi fotografi itu tidak mahal. Yu... hunting foto, jadi bertambah hobi jalan-jalan (sambil bawa kamera).

0 komentar:

Post a Comment